RPL BIDANG SOSIAL : Ayupuri Rachmawati

A Komponen Layanan Layanan Dasar B Bidang Layanan Sosial C Topik / Tema Layanan Landasan berperilaku etis (bergaul di sosial media) D Fungsi Layanan Pemahaman dan Pencegahan E Tujuan Umum Peserta didik/konseli dapat memahami dampak positif dan negatif bermain handphone serta dapat bergaul di sosial media dengan etika yang baik F Tujuan Khusus 1.Peserta didik konseli dapat memahami pengertian sosial media 2.Peserta didik dapat memahami fungsi sosial media 3.Peserta didik dapat memahami dampak positif dan negatif sosial media 4.Peserta didik dapat menghindari dampak negatif bersosial media 5.Peserta didik dapat mempraktekan langkah-langkah pencegahan ketergantungan handphone/medsos G Sasaran Layanan Kelas X H Hari/Tanggal Pelaksanaan I Materi Layanan 1.Pengertian sosial media 2.Memahami fungsi sosial media 3.Dampak positif dan negatif dari sosial media 4.Menghindari dampak negatif dari sosial media 5.Mempraktekan langkah-langkah pencegahan ketergantungan handphone/medsos J Waktu 1 Kali Pertemuan x 30 Menit K Sumber Materi https://docplayer.info/213977718-Rencana-pelaksanaan-layanan-rpl-bimbingan-klasikal-semester-ganjil-tahun-pelajaran-2021-2022.html L Metode/Teknik Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab M Media / Alat LCD, Power Point perencanaan karir masa depan N Pelaksanaan Tahap Uraian Kegiatan 1. Tahap Awal / Pedahuluan 1.Membuka dengan salam dan berdoa 2.Membina hubungan baik dengan peserta didik (menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking) 3.Menyampaikan tujuan layanan materi Bimbingan dan Konseling 4.Menanayakan kesiapan kepada peserta didik 2. Tahap Inti 1.Guru BK menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan 2.Peserta didik mengamati slide pp yang berhubungan dengan materi layanan 3.Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab 3. Tahap Penutup 1.Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan yang terkait dengan materi layanan 2.Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan datang 3.Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan salam O Evaluasi 1. Evaluasi Proses Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi : 1. Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan di kertas yang sudah disiapkan. 2. Sikap atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan 3. Cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya 4. Cara peserta didik memberikan penjelasan dari pertanyaan guru BK 2. Evaluasi Hasil Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain : 1. Merasakan suasana pertemuan : menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan. 2. Topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting 3. Cara Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan : mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami 4. Kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti

Komentar

Postingan Populer